Kamis, 10 November 2011

Tips Menggaet Pelanggan Agar Tetap Lengket

Seringkali dalam berbelanja, orang membeli sebuah produk tidak tergantung pada kualitas barangnya semata. Sikap ramah pelayan, suasana nyaman yang sengaja dihadirkan oleh pemilik usaha juga memberikan pengaruh yang besar bagi pembeli untuk betah berlama-lama memilih barangnya hingga akhirnya memutuskan untuk membeli. Bahkan tidak jarang bagi pembeli yang terpuaskan akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Lalu trik jitu apa yang bisa dilakukan para pengusaha untuk membuat pembeli menjadi pelanggan yang loyal?

“Uh…..jutek banget sih pelayannya, bikin kapok buat datang lagi,”ujar seorang ibu saat mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan dari sebuah toko pakaian di suatu pusat perbelanjaan. Gerutuan semacam itu tentu tak mengenakkan baik bagi konsumen maupun bagi pemilik usaha. Sebab kejadian di atas tak hanya membuat pembeli malas melakukan transaksi tetapi juga enggan untuk kembali lagi ke tempat usaha semula. Sementara bagi pemilik usaha, ia kehilangan kesempatan menuai keuntungan akibat sikap karyawan yang minus terhadap konsumen. Padahal sesuai dengan pepatah lama, yang menganggap seorang pembeli adalah raja mewajibkan pemilik usaha untuk memberikan service sebaik mungkin kepada pelanggannya.

Dua Strategi Menggaet Calon Pelanggan dan Melanggengkannya.

Mencari pelanggan tentu saja bukan perkara mudah apalagi untuk mempertahankannya agar terus loyal pada produk yang ditawarkan. tidak ada sesuatupun yang tetap dan loyal dalam dunia bisnis kecuali jika terjadi suatu monopoli. “Setiap orang tentu saja ingin mencoba sesuatu yang baru, tidak mungkin jika selamanya mereka hanya setia pada satu produk saja kecuali jika ada monopoli. Misalnya saja pada monopoli telepon seluler oleh Telkomsel dahulu, sehingga pelayanan apapun yang diberikannya akan tetap diterima konsumen baik pelayanan tersebut baik ataupun buruk karena hanya itu satu-satunya hal yang bisa dilakukan, ”ungkapnya.

Namun demikian pada dasarnya loyalitas pelanggan bisa bertahan lama jika produk tersebut mampu berinovasi artinya membuat improvisasi sehingga tampilan produknya menjadi lebih dinamis sebab jika pemilik usaha hanya bertahan pada satu jenis produk dengan tampilan yang biasa-biasa saja maka impian mendapatkan pelanggan yang setia akan hilang dengan sendirinya. Salah satu bentuk inovasi misalnya saja dengan membuat sesuatu barang menjadi lebih detil. “Kalau untuk usaha sepeda motor misalnya, yang harus diperhatikan detilnya adalah pada bagian sparepart-nya.

Untuk itu dalam melakukan strategi penjualan ada tiga hal yang wajib dilakukan:

1. Meningkatkan produktivitas barang atau produk yang telah dihasilkan misalnya dengan membuat produk yang unik yang tidak dimiliki oleh tempat lain.

2. Pemilik usaha harus memperhatikan harga yang dipasang pada produk yang dihasilkan.

3. Selalu membuat ikatan emosional dengan pelanggan. Pada hal yang terakhir inilah peran service sangat dominan. Sebab keputusan membeli seseorang juga sangat dipengaruhi oleh perlakuan yang diterimanya

Tips jitu untuk memasarkan produk unik.

· Informasikan keunikan produk Anda pada lingkungan sekitar

Sebagai langkah awal bagi Anda untuk mempromosikan produk unik ke pasaran, bisa dilakukan dengan cara menginformasikannya kepada orang-orang di sekitar Anda. Misalnya saja mulai dari lingkungan keluarga, teman dekat Anda, tetangga rumah, sampai rekan kerja Anda di kantor. Dengan memanfaatkan word of mouth (strategi pemasaran dari mulut ke mulut) maka peluang bagi produk Anda untuk bisa diketahui masyarakat luas semakin terbuka lebar. Karenanya, ciptakan keunikan baik dari segi rasa maupun bentuknya, agar orang di sekitar Anda tidak segan untuk menginformasikannya kepada orang lain.

· Memilih media yang tepat untuk mempromosikan produk Anda

Selain memulainya dari lingkungan terdekat, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan media promosi untuk mempublikasikan keunikan produk tersebut kepada khalayak ramai. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi cukup memudahkan para pelaku usaha untuk memilih media yang paling tepat guna mendukung pemasaran produknya. Baik media promosi online maupun media offline kini bisa Anda manfaatkan untuk menjaring banyak konsumen. Misalnya saja melalui media sosial seperti facebook, twitter, atau bisa juga memasang iklan di berbagai majalah, surat kabar, radio dan televisi. Semakin sering Anda mempromosikan produk tersebut, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk menarik perhatian konsumen.

· Melakukan optimasi untuk membangun loyalitas konsumen

Meskipun produk Anda sudah terbilang unik, namun tidak ada salahnya bila Anda selalu melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Strategi ini sangatlah penting, mengingat faktor keunikan saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jadi, alangkah baiknya bila Anda melengkapi keunikan tersebut dengan kualitas produk yang bagus serta memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Sehingga loyalitasnya tetap terjaga dan tidak berpaling ke produk lainnya yang ada di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar